Olahraga Menembak Menggunakan Senapan Angin Gejluk Pasopati

Senapan Angin Gejluk – Istilah gejluk berasal dari kata digejluk, yang dalam bahasa jawa berarti memompa angin dengan cara dihentakkan. Senapan angin gejluk merupakan salah satu dari lima jenis senapan angin yang dijual di pasaran.

Senapan jenis ini merupakan kombinasi dari senapan uklik yang identik dengan kepraktisannya dan juga senapan PCP yang terkenal akan power besar dan kestabilannya, sehingga cocok digunakan untuk berburu.

Senapan yang tak memerlukan tambahan pompa eksternal ini sangat mudah ditemui di pasaran. Karena memang banyak diproduksi oleh industri rumahan. Inovasi-inovasi baru terus bermunculan sehingga menambah variasi produk dan kualitasnya yang semakin meningkat.

Anda merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas sehari-hari? Terlebih bagi anda yang tinggal di Ibukota atau kota-kota besar yang sering terjebak macet ditambah lagi dengan pekerjaan di kantor yang menumpuk dan tak jarang membuat timbulnya rasa bosan. Ini berarti bahwa anda membutuhkan relaksasi dan waktu untuk berolahraga.

Dan mungkin ada baiknya bagi yang ingin mencoba olahraga lain yang tidak seperti pada umumnya, cobalah untuk memilih olahraga menembak. Olahraga menembak ini sangat baik dan bagus untuk anda yang merasajenuh dengan olahraga pada umumnya.

Perlu diketahui bahwa olahraga menembak sangat baik untuk dilakukan bagi anda yang sering dilanda stres akibat pekerjaan. Karena olahraga menembak ini dapat melatih ketenangan, konsentrasi dan juga kesabaran.

Manfaat lain yang dapat anda peroleh dari olahraga menembak di antaranya adalah :

  • Dapat membantu memberikan manfaat bagi fisik seperti menambah kekuatan, stamina, koordinasi tangan serta mata juga melatih kemampuan motorik.
  • Dalam olahraga menembak dengan menggunakan senjata tidak selamanya membutuhkn kekuatan, tnagan dan lengan yang kokoh tetapi juga harus menjaga tangan dan lengan agar tetap stabil.
  • Dapat melatih kapabilitas mata apabila memiliki kekurangan pada penglihatan.
  • Hampir 90% melakukan olahraga menembak adalah mengenai mental. Mengapa demikian? Karena  level konsentrasiakan dikembangkan sehingga dapat berjalan maksimal. Berbagai macam masalah akan membutuhkan penyelesaian logis yang akan anda temui dan begitu juga matematika serta pemikiran kreatif akan sangat diperlukan agar dapat sukses dalam melewati setiap tahapan pada latihan menembak.
  • Pada saat memegang senjata serta menembaknnya dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Anda akan dapat merasakan adrenalie melonjak dan hal ini dapat meningkatkan level adrenalin sehingga menghancurkan glikogen dan dapat menjadi sumber energi pada tubuh.

Cara Kerja Senapan Angin Gejluk

Cara kerja senapan angin asli Indonesia ini sangatlah sederhana dan tidak begitu rumit, karena kita tinggal memanfaatkan tekanan angin untuk menembakkan peluru di dalam senapan. Ukuran tabung di dalam senapan mempengaruhi jumlah tembakan yang dihasilkan. Berikut adalah beberapa mekanisme yang diterapkan pada jual senapan  angin gejluk sekaligus menjadi ciri-ciri senapan angin gejluk:

  1. Adanya Sistem Knock Open Valve

Mekanisme perpindahan daya tekanan udara pada senapan angin gejluk menggunakan sistem Knock Open Valve. Yaitu proses pemindahan tekanan udaranya terjadi karena adanya ketukan pada pentilan. Sistem ini juga memberi manfaat untuk mengukur besarnya tekanan udara yang digunakan untuk menembakkan peluru.

  • Adanya Tegangan Regangan Pegas dan Gigi Rack

Selain menggunakan sistem Knock Open Valve, senapan ini juga menggunakan mekanisme tegangan dan regangan pegas serta permainan gigi rack. Dengan ketiganya, kita bisa mengatur besar kecilnya daya yang digunakan sesuai dengn kebutuhan menembak.

  • Adanya Pemompaan Model Gejluk

Senapan jenis ini menggunakan cara digejluk untuk memompa angin, sehingga tekanan udara yang mengisi tabung angin memiliki tekanan yang sangat tinggi. Ini mempengaruhi besarnya power atau daya rusak yang ditembakkan.

  • Jumlah Tembakan Bergantung pada Tarikan

Banyaknya jumlah tembakan yang dihasilkan bergantung pada seberapa sering tarikan tertinggi yang kita gunakan. Semakin sering tarikan tertinggi digunakan maka udara yang digunakan pun akan semakin banyak, sehingga tekanan udara dalam tabung pun lebih cepat berkurang.

Jenis-Jenis Senapan Angin Gejluk di Pasaran dan Harganya

Senapan angin gejluk yang paling terkenal di pasaran adalah senapan gejluk pasopati dan senapan gejluk sanaji. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dengan kualitas dan harga yang kompetitif.

Senapan Gejluk Pasopati Dual Power

Senapan ini memiliki tampilan yang menarik dengan laras anti karat. Bahan laras adalah besi kuat atau biasa disebut baja, dengan panjang laras 60 cm dan alur 12. Dengan dibekali kapasitas tekanan angin sebesar 2300Psi, mampu menempuh jarak tembakan sejauh 90 meter. Senapan ini memiliki bobot 3 kg sehingga tidak terlalu berat untuk dibawa-bawa. Tarikan maksimal sebanyak 5 kali dan power dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Senapan gejluk pasopati ini dibanderol dengan harga Rp 2.000.000.

Senapan Gejluk Pasopati Gamo

Untuk spesifikasinya dari segi bahan, senapan ini memiliki bahan laras dan popor yang sama dengan versi dual powernya, yakni besi dan kayu mahoni. Yang membedakan adalah kapasitas tekanan anginnya yang lebih banyak, sebesar 2400 Psi. Beratnya pun lebih ringan yaitu 2,5 kg saja. Senapan Gejluk Pasopati Gamo dijual seharga Rp 2.150.000.

Senapan Gejluk Sanaji

Senapan angin ini asli buatan Blitar, dan merupakan gabungan dari senapan PCP dan senapan pompa tangan. Senapan ini memiliki power yang besar dan dapat menyimpan tekanan udara selama dua bulan atau lebih. Bahannya full kuningan dengan popor dari bahan kayu jenis sono. Memiliki panjang laras 60 cmsampai dengan 70 cm tergantung variasinya. Kapasitas tekanan anginnya sebesar 2500Psi. Senapan ini dibanderol dengan harga Rp 1.650.000.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*