Binatang Hama di Sawah

Binatang Hama di Sawah

Hama di sawah menjadi ancaman berbahaya bagi para petani sampai sekarang ini. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh para petani untuk dapat mengendalikan hama tersebut. Ada banyak sekali hama berbahaya yang biasa menyerang tanaman di sawah terutama tanaman padi.

Setidaknya ada empat jenis hama tanaman padi yang harus selalu diwaspadai oleh para petani padi. Apa sajakah hama-hama tersebut. Berikut ini adalah beberapa binatang hama di sawah yang harus Anda ketahui.

1. Tikus

Tikus dianggap sebagai jenis hama yang paling berbahaya bagi para petani. Biasanya hama tikus akan menyerang tanaman padi tepat pada malam hari. Sedangkan di siang hari mereka biasanya akan bersembungi di saluran ataupun tanggul irigasi, pematang sawah bahkan semak-semak.

Selain itu, tikus mempunyai siklus berkembang biak yang sangat cepat, sehingga dalam waktu tertentu jika hama tikus tidak segera diatasi maka bisa menyebabkan gagal panen.

2. Wereng

Hama tanaman padi yang berbahaya lainnya adalah wereng. Hama wereng biasanya akan menyerang dengan cara menghisap cairan batang tanaman padi dan bahkan bisa menulakan virus berbahaya seperti tungro. Virus tungro inilah yang dianggap paling berbahaya bagi perkembangan tanaman padi.

3. Keong Mas

Keong mas umumnya akan menyerang tanaman pada saat masa vegetatif dan dalam masa pembibitan. Hama tanaman padi yang satu ini dianggap merusakan karena bisa memarut jaringan tanaman padi untuk dimakan. Akibatnya adalah bibit tanaman padi per tanaman bisa menjadi hilang.

4. Burung

Mungkin diantara beberapa hama tanaman padi berbahaya lainnya, yang paling meresahkan para petani adalah hama burung. Bagaimana tidak, kawanan burung biasanya akan memakan tanaman padi yang tengah berbuah dan berusia tua pada saat menjelang panen.

Diatas adalah beberapa jenis binatang hama di sawah yang sudah pasti akan sangat menganggu para petani. Dengan mengetahui beberapa jenis hama diatas, maka para petani diharapkan bisa menjadi lebih waspada mengenai bahaya dari serangan hama tersebut yang sudah pasti akan sangat merugikan para petani.

Baca juga : AgroBibitTanaman.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *